PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 LANGOWAN
Keywords:
pemanfaatan internet, sumber belajar, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis manfaat internet sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran sejarah pada siswa di SMAN 1 Langowan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif, melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang dikumpul, kemudian dianalisis melalui 3 tahapan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet bagi guru sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan internet untuk mencari bahan belajar tambahan bagi siswa. Siswa juga telah mampu membedakan kualitas informasi yang didapat dari internet, dengan mencocokannya dengan informasi yang disampaikan oleh guru, maka internet hanya digunakan sebagai sumber belajar tambahan. Namun, pemanfaatan internet masih belum optimal karena waktu untuk memanfaatkan internet pada saat jam pelajaran di sekolah sangat terbatas. Siswa juga mengalami banyak tantangan dalam memanfaatkan internet, yakni jaringan yang kurang stabil, whatsapp group yang tidak digunakan secara efektif, serta beberapa siswa yang masih belum mampu untuk bersikap kritis dalam memilah materi pembelajaran di internet, serta ketidakmampuan dalam menilai efek dari adanya teknologi.