PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN TERHADAP KEMAMPUAN CORNER CERVICE DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMP NEGERI 3 WORI

Main Article Content

Markus Sumombo
Frans Supit
Jud Berhimpong

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa Putera Kelas VIII SMP Negeri 3 Wori sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang kemudian  dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data yang digunakan Tes Keterampilan Servis Dalam Permainan Sepak Takraw. Rancangan penelitian menggunakan: Randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 5,54 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 1,734. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori.

Article Details

Section
Articles