PENGARUH METODE MENGAJAR DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN OPERAN DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA JURUSAN PKL FIK UNIMA

Main Article Content

Henli Mamonto
Fredrik Alfreds Makadada
Jud Berhimpong

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan operan dalam permainan sepak takraw  pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berupa metode mengajar demonstrasi. sebanyak 24 orang dan sampel dibagi menjadi dua kelompok, 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang kelompok kontrol. Hasil analisis hipotesa, diperoleh t observasi senilai 11,71 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1+n2–2 yaitu 12+12–2=22 dan taraf keyakinan =0,05 adalah 2,074. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Metode mengajar demonstrasi diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan operan permainan sepak takraw pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima.

Article Details

Section
Articles