PENGARUH METODE MENGAJAR DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN OPERAN DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA JURUSAN PKL FIK UNIMA
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan operan dalam permainan sepak takraw pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berupa metode mengajar demonstrasi. sebanyak 24 orang dan sampel dibagi menjadi dua kelompok, 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang kelompok kontrol. Hasil analisis hipotesa, diperoleh t observasi senilai 11,71 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1+n2–2 yaitu 12+12–2=22 dan taraf keyakinan =0,05 adalah 2,074. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Metode mengajar demonstrasi diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan operan permainan sepak takraw pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Physical Journal memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
PHYSICAL JOURNAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.