HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2019

Main Article Content

Melky Pangemanan

Abstract

Status gizi adalah suatu ukuran mengenai kondisi tubuh seseorang yang dapat dilihat dari makanan yang


dikonsumsi dan penggunaan zat-zat gizi di dalam tubuh. Prestasi belajar adalah tingkatan keberhasilan dalam


mempelajari materi pelajaran disekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes. Penelitian


ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan prestasi belajar Penjas Siswa SMA Negeri 1 Dimembe


Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Instrument yang diguanakan


dalam penelitian ini Untuk mengukur IMT (tinggi badan dan berat badan) menggunakan alat Health Scale dan


untuk prestasi belajar menggunakan menggunakan Rapor Semester I. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang


dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi. Teknik analisis data yang digunakan dalam


penelitian ini yaitu teknik analisis korelasi dengan uji Pearson Product Moment menggunakan spss. hasil penelitian


ini yaitu, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.092 < [0.05] artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara Status Gizi


dan Prestasi Belajar. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini yaitu “tidak terdapat hubungan yang signifikan


antara status gizi dan Prestasi belajar SMA Negeri 1 Dimembe” ditolak

Article Details

Section
Articles