HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2019
Main Article Content
Abstract
Status gizi adalah suatu ukuran mengenai kondisi tubuh seseorang yang dapat dilihat dari makanan yang
dikonsumsi dan penggunaan zat-zat gizi di dalam tubuh. Prestasi belajar adalah tingkatan keberhasilan dalam
mempelajari materi pelajaran disekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan prestasi belajar Penjas Siswa SMA Negeri 1 Dimembe
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Instrument yang diguanakan
dalam penelitian ini Untuk mengukur IMT (tinggi badan dan berat badan) menggunakan alat Health Scale dan
untuk prestasi belajar menggunakan menggunakan Rapor Semester I. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang
dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik analisis korelasi dengan uji Pearson Product Moment menggunakan spss. hasil penelitian
ini yaitu, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.092 < [0.05] artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara Status Gizi
dan Prestasi Belajar. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini yaitu “tidak terdapat hubungan yang signifikan
antara status gizi dan Prestasi belajar SMA Negeri 1 Dimembe” ditolak
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Physical Journal memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
PHYSICAL JOURNAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.