PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND SPIN DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MODAYAG

Main Article Content

Riskitasari Mamonto
Edita A M Pinangkaan
Tony Pandaleke

Abstract

Pada proses pembelajaran penjasorkes, pemahaman peserta didik Kelas VIII tentang penguasaan hasil belajar servis forehand spin pada permainan tenis meja masih kurang, karena peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran belum bisa mempraktekan hasil belajar servis forehand spin dengan begitu baik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 40 orang, dan sampel sebanyak 20 orang yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik t-test. Dari perhitungan pengujian hipotesa penelitian diperoleh thitung senilai 7.22. Berdasarkan tabel distribusi t pada  0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 - 2 = 10 + 10 – 2 = 18 maka diperoleh ttabel senilai 2.101. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan gaya mengajar resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis forehand spin dalam permainan tenis meja.pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Modayag.

Article Details

Section
Articles