Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Komando Terhadap Gerak Dasar Dalam Tolak Peluru Pada Siswa SMP N 1 Sonder
Main Article Content
Abstract
Masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh metode mengajar komando terhadap gerak dasar dalam tolak peluru pada siswa SMP N 1 Sonder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan penerapan metode komando. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan gerak dasar dalam Tolak Peluru kelompok eksperimen dengan menggunakan gaya mengajar komando lebih baik dari rata-rata peningkatan kemampuan gerak dasar dalam Tolak Peluru kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Hasil pengujian hipotesa penelitian diperoleh thitung senilai 8.60. Berdasarkan tabel distribusi t pada dengan derajat kebebasan n1 + n2 maka diperoleh ttabel senilai 2.101 jadi thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung lebih besar dari ttabel maka HO ditolak yang berarti HA diterima. Melihat uraian data di atas maka dapat disimpulkan menerapkan metode komando dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan gerak dasar tolak peluru pada siswa SMP N 1 Sonder.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Physical Journal memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
PHYSICAL JOURNAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amung, M., & M, Y. (2000). perkembangan gerakan dan belajar gerak. Jakarta.
Amung, M., saputra, & M, Y. (1999/2000). Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP SETARA D-III .
Ary, D., Jacobs, C. L., & Razavieh, A. (2004). PengantarPenelitianDalamPendidikan. Yogyakarta: Terjemahan Arif Furchan, Pustaka Belajar.
Mahendra. (2004). Asas Dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta.
Mardi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Mengajar Latihan Terhadap Keterampilan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Mahasiswa Prodi Penjas Fik Unima,1. Unima: Skripsi.
olahragamo.com. (2021). di petik july sunday. Olahraga.com.
Rahasia, S. M., Lengkong, J., Sengkey, A. R. J. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Gerak Dasar Servis Atas Pada Permainan Bola Voli. Manado. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga. 2(1). 14-22.
Sahruddin. (2016). Pengaruh gaya mengajar latihan dan gaya mengaajar komando terhadap keterampilan pasing atas bola voli. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 20.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (120). Bandung: Alfabeta Bandung.
Ubay. (2021, july sunday). gaya mengajar penjas.html. Diambil kembali dari http://ubay-thereds.blogspot.com