Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola Siswa Putera Sma Negeri 1 Wori

Main Article Content

Nolfie Piri
Maxi Moleong
Kano Frits Evert

Abstract

Abstrak


Berdasarkan hasil pengamatan bahwa masih ada siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Wori belum memiliki kemampuan dan keterampilan gerak dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola. Permasalahan lain yang dihadapi adalah belum diketahuinya gaya mengajar apa yang benar-benar dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola, kurangnya motivasi dari dalam diri siswa dalam melakukan gerak dasar menggiring bola dalam permainan. Sehingganya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar gerak dasar menggiring bola pada permainan sepak bola siswa putera SMA Negeri 1 Wori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian “randomized cotrol group pre-test post-test design”. instrument penelitian yang di gunakan adalah, “tes kemampuan gerak dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola”. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar menggiring bola pada permainan sepak bola siswa Putera SMA Negeri 1 Wori, maka dalam proses pembelajaran sepak bola hendaknya guru menerapkan gaya mengajar resiprokal karena hal ini dapat meningkatkan peningkatan hasil belajar gerak dasar menggiring bola pada permainan sepak bola. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang melibatkan dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen diajar dengan penerapan gaya mengajar resiprokal yang diberikan selama dua bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu sedangkan kelompok kontrol diajar tanpa penerapan gaya mengajar resiprokal, dan hasilnya ternyata kelompok eksperimen peningkatan hasil belajar gerak dasar menggiring bola pada permainan sepak bola lebih tinggi dibandingkan hasil belajar gerak dasar menggiring bola pada permainan sepak bola kelompok kontrol.

Article Details

Section
Articles

References

Ali., & Zahidi. (2014). Teachers Planing and Preparation of Teaching Resources and Materials in The Implementation of From 4 Physical Education Curriculum for Physical Fitness Strand. Turkish Journal of Sport and Exercise Faculty of Education, University of Malaya, Malaysia, 16, 67–71.

Alwiyah, R. T. (2013). peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan tradisional banten. volume 8 edisi 1, april 2014, 8, 175-184.

Dwiyogo. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran: Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Hendra, J. (2019). pengembangan keterampilan gerak dasar manipulatif bagi anak melalui permainan olahraga di taman kanak-kanak. Jurnal muara pendidikan Vol, 4 No. 2 (2019), 4, 438-444.

Lutan, Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori, dan Metode, Depdikbut Ditjen, Dikti, jakarta, 1988, Hal.7.

Manajang, N. (2021). Pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap penguasaan gerak dasar pasing bawah pada permainan bola voli siswa smp negeri 3 tompaso. Vol. 2, no 1, juni 2021 : hal 167-174, 2.

Sabriani, S. (2012). penerapan pemberian tugas terstruktur disertai umpan balik pada pembelajaran langsung untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. chemica Vol. 13 Nomor 2 desember 2012,, 13, 39-46.

Sengkey, A. R. J. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.LP2AI UNIMA. Manado. (2011).

Syamsudar, B. (2015). perbandingan latihan menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar terhadap kecepatan pada permainan sepakbola. jurnal kepelatihan olahraga, volume 7, No. 1, Juni 2015, 7, 76-85.

Csanadi Arpad. Soccer. Budapest : Corvina press. 1972.

Hughes Charles. Soccer Tactics and Skill. British Broadcasting Coporation. London. 1980. Hal.