Perubahan Istilah Pendidikan Olahraga ke Pendidikan Jasmani Bagi Guru-Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Passi Timur (Studi Multi Kasus)

Main Article Content

Defit Kristiawan Pesik
Agustinus Sengkey
Eduard Kumenap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman Guru Pendidikan jasmani tentang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Olahraga. Kajian penelitian ini difokuskan pada Pemahaman Guru Pendidikan jasmani tentang perubahan istilah dari Pendidikan olahraga ke Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru-guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Pasi Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik Hasil penelitian menunjukan bahwa 3 guru penjas di SMP Se Kecamatan Passi Timur dengan presentasi (75 %) belum memahami tentang perbedaan antara pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga dan terdapat 1 guru penjas dengan presentasi (25 %) bisa sedikit membedakan antara pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga walaupun dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan pemahamannya, kemudian pemberian dan pelaksanaan materi pembelajaran penjas di SMP Se-Kecamatan Passi Timur tidak sesuai dengan maksud dan tujuan dari perubahan istilah pendidikan olahraga ke pendidikan jasmani

Article Details

Section
Articles

References

Ariestika, E, Widiyanto, dan Nanda, F.A (2021) Implementasi Standar Pedoman Nasional Terhadap Tujuan Pendidikan Jasmani, Motion: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasamani 21.1.

Abdussamad, Z. (2021) Metode Penelitian Kualitatif, Makasar: CV. syakir Media Press

Ateng AbdulKadir (1992). Azas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Asnaldi, A (2008). Pendidikan Jasmani. Diakses pada tanggal 05 Maret 2022 dari :http://artikel-olahraga. blogspot. com/2008/02/ pendidikan - jasmani . html.

Aqib, Z (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Brotosuroyo, S. (1995) Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Buku I. Jakarta: Dirjen Depdiknas 1995.

Dirjen Depdiknas (1995) Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Buku II. Jakarta

Gemael, Armen, Q, and Aminudin, R. (2018) "Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang." Motion: Jurnal Riset Physical Education 9.1, 32-42.

Hikmawati, F. (2020), Metodologi Penelitian, Depok: Kharisma Putra Utama Offset

Hidayatullah, F dan Anwar, K (2020) Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi, Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikandalam Teknologi dan Inovasi),Bangkalan: 1 Oktober 2020 Hal 1

Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Handoko, D dan Gumantan, A (2021), Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga Di Sma Negeri 1 Baradatu, , Motion: Journal of Physical Education (JouPE) 2.1, 1-7

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar, (2009) Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran guru olahraga bagi perkembangan pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883-3891.

Iyakrus, (2018) " Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi" Motion: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan 7.2.

Mashuri, A, Puspitasari, C.P, dan Abadi, M.S, (2019), Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Sebuah Pandangan Filosofi, Prosiding SEMINAR PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (SEMDIKJAR) , Kediri: 3-5 Oktober 2019. Hal. 383-390

Mulya, G. (2018). Peran Pendidikan Jasmani Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 3(1).

Moleong Lexi,(2000) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000

Mahendra, A, dan Jabar, B.A (2021) Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan,Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat

Ramadhan, M.G, Ma’mun, A, dan Mahendra, A. (2020), Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, Motion: Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan Vol. 5, 69-80.

Rusdin, dkk (2022), Peran Mata Pelajaran Olahraga terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Kebersihan Diri di Desa Belo Kabupaten Bima, Motion: Jurnal Pendidikan Olahraga, 2.1.

Sukintaka, (2004) TEORI PENDIDIKAN JASMANI “Filosofi, Pembelajaran dan Masa Depan” Bandung: Penerbit Nuansa, Yayasan Nuansa Cendekia,

Supandi, (1990). Penelitian Pendidikan Bandung: CV. Bintang WarliArtika.

Santika, I.W.E (2020) Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Motion : Jurnal IVCEJ, 3.1

Siedentop (1990), Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport.

SK KEMENDIKBUD No. 0413/U/1987 tentang Perubahan Nama Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Menjadi Pendidikan Jasmani

Sugiyono, (2006) Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D , Bandung: Alfabeta,

Syafruddin, M. A., Sutriawan, A., & Hamid, M. W. (2022). Pengaruh Minat dan Motivasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, 1(2), 77-81

Sudibyo. (1989) Psikologi Olahraga. Jakarta: PT.Anem Kosong Anem.

Suherman, A. (2009) Srategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Tenaga Kependidikan.

Sukiyandari, L. (2018). KE ADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SD SE UPTD KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG TAHUN 201 5. SOSIO DIALEKTIKA, 2(2).

Iyakrus, (2018) " PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN PRESTASI" Motion: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan 7.2.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Widodo, A. (2018), Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan Yang Melekjasmaniah/Ter-Literasijasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education 9.1.

Yudanto, (2020), Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak, Motion: Jurnal SPORTIF Jurnal Penelitian Pembelajaran 6.1