HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU PERUNDUNGAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 TARERAN
Keywords:
Keterlibatan Orang Tua, Perilaku PerundunganAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sample sebanyak 84 yang mencakup Siswa – Siswi SMK Negeri 1 Tareran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Keterlibatan Orang Tua Dengan Perilaku Perundungan Pada SMK Negeri 1 Tareran. Penelitian ini disusun berdasarkan metode skala likert dengan menggunakan skala Keterlibatan Orang Tua Menurut Epstein (2002) yang terdiri dari enam dimensi yaitu: Parenting, Communication, Volunteering, Learning at home, Decision Making, Colaboration with community. Dan skala perilaku perundungan Menurut Caloroso (2007) yang terdiri dari empat aspek yaitu : Verbal, Fisik, Relasional, Cyberbullying . Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil penelitian : adanya hubungan negatif yang signifikan antara Keterlibatan Orang Tua dengan Perilaku Perundungan pada Siswa yaitu sebesar 0.128 dan besarnya persentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0.016. Hal tersebut mengandung pengertian bahwa Keterlibatan Orang Tua memiliki kontribusi terhadap Perilaku Perundungan sebesar 01,6% sedangkan sisanya 98,4% dipengaruhi variabel lain. Maka diambil kesimpulan bahwa Hipotesis 0 diterima dan Hipotesis alternatif ditolak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.