ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i4.11417Keywords:
Pola asuh orang tua, Motivasi belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak untuk membantu meningkatkan motivasi belajarnya dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (deskriptif) dengan analisis studi kasus. Subjek atau informan penelitian ini adalah orang tua dan anak sebagai subjek dan wali kelas, guru BK, serta pembina asrama sebagai informan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Bai Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak yaitu Pola asuh Demokratis dan ada juga yang menerapkan pola asuh Otoriter tetapi diwaktu tertentu saja. Pemilihan pola asuh ini berdasarkan beberapa faktor yaitu dari dalam keluarga, lingkungan, ekonomi, pekerjaan orang tua, dan latar belakang pendidikan orang tua. Dari dalam keluarga yang didalamnya ada bapak dan ibu, kedua orang tua itulah yang memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Motivasi belajar anak dapat meningkat jika orang tua paham dan mengerti sifat dan kemampuan yang dimiliki anak. Orang tua menjadi garda terdepan ketika anak mengalami kendala dalam belajar, meluangkan waktu untuk anak sekedar bercerita mengenai kegiatan/aktifitas disekolah, memberikan support, dan memberikan pujian ataupun hadiah ketika anak meraih sebuah keberhasilan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tata P. Mokoagow , Harol R. Lumapow, Rinna Y. Kasenda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.