LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK YANG DIALAMI MAHASISWA

Authors

  • Frengky G. Soreh Universitas Negeri Manado
  • Meisie L. Mangantes Universitas Negeri Manado
  • Rinna Y. Kasenda Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i4.11419

Keywords:

Layanan Konseling Individu, Stres Akademik, Pendekatan Humanistik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sejauh mana efektivitas layanan konseling individu yang mengedepankan pendekatan humanistic dalam mengatasi stres akademik yang dialami mahasiswa di Siloam Kost Matani Dua, Kecamatan Tomohon Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tindakan, analisis refleksi, serta angket terhadap proses konseling yang berlangsung. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan konseling individual dengan pendekatan humanistik memiliki dampak positif terhadap mahasiswa yang mengalami stres akademik. Setelah diberikan intervensi konseling dalam dua siklus, mahasiswa menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan stres, pemahaman diri, serta kemampuan dalam menghadapi tekanan akademik. Pendekatan humanistik yang menekankan pada penerimaan diri, pemahaman potensi individu, serta pemberian dukungan emosional terbukti efektif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan strategi penanggulangan yang lebih adaptif, layanan konseling individual yang berlandaskan pendekatan humanistik dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengelola stres akademik yang mereka hadapi.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Soreh , F. G. ., Mangantes, M. L., & Kasenda, R. Y. (2024). LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK YANG DIALAMI MAHASISWA . PSIKOPEDIA, 5(4), 403–410. https://doi.org/10.53682/pj.v5i4.11419

Issue

Section

Journal