LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK YANG DIALAMI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i4.11419Keywords:
Layanan Konseling Individu, Stres Akademik, Pendekatan HumanistikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sejauh mana efektivitas layanan konseling individu yang mengedepankan pendekatan humanistic dalam mengatasi stres akademik yang dialami mahasiswa di Siloam Kost Matani Dua, Kecamatan Tomohon Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tindakan, analisis refleksi, serta angket terhadap proses konseling yang berlangsung. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan konseling individual dengan pendekatan humanistik memiliki dampak positif terhadap mahasiswa yang mengalami stres akademik. Setelah diberikan intervensi konseling dalam dua siklus, mahasiswa menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan stres, pemahaman diri, serta kemampuan dalam menghadapi tekanan akademik. Pendekatan humanistik yang menekankan pada penerimaan diri, pemahaman potensi individu, serta pemberian dukungan emosional terbukti efektif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan strategi penanggulangan yang lebih adaptif, layanan konseling individual yang berlandaskan pendekatan humanistik dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengelola stres akademik yang mereka hadapi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frengky G. Soreh , Meisie L. Mangantes, Rinna Y. Kasenda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.