STUDI KASUS KURANGNYA KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11420Keywords:
Kepercayaan Diri, Faktor Internal, Faktor EksternalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan diri siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Tondano serta peran lingkungan dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara dengan siswa dan guru sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup kondisi psikologis, pengalaman pribadi, serta pandangan mereka terhadap diri sendiri, di mana pengalaman negatif seperti perundungan berdampak besar pada rasa percaya diri. Faktor eksternal meliputi lingkungan sosial, dukungan dari teman sebaya, keterlibatan keluarga, serta peran guru dalam memberikan motivasi dan perhatian khusus. Dukungan sosial yang rendah, baik dari teman maupun keluarga, menyebabkan siswa merasa terisolasi dan kurang percaya diri dalam interaksi sosial maupun akademik. Namun, dengan bimbingan dari guru dan kesadaran diri yang meningkat, siswa mulai menunjukkan perkembangan dalam kepercayaan diri mereka. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya lingkungan sekolah dan keluarga dalam membangun kepercayaan diri siswa melalui dukungan emosional, komunikasi yang baik, serta intervensi yang tepat dalam proses pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widia M. Sillaen , Harol R. Lumapow, Rinna Y. Kasenda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.