PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Angel P. F. Saragih Universitas Negeri Manado
  • Meisie L. Mangantes Universitas Negeri Manado
  • Rinna Y. Kasenda Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11421

Keywords:

Lingkungan, Teman Sebaya, Kontrol Diri, Remaja

Abstract

Kontrol diri merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja, terutama dalam menghadapi tekanan sosial dan pengambilan keputusan. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan kontrol diri adalah lingkungan teman sebaya. Studi ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh peer group terhadap kemampuan pengendalian diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tondano. Melalui pendekatan kuantitatif dengan menerapkan analisis regresi linear sederhana, diperoleh temuan bahwa peer group secara signifikan memengaruhi pengendalian diri siswa. Lingkungan pergaulan yang positif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola perilaku, mengendalikan impuls, serta membuat keputusan yang lebih bijaksana. Sebaliknya, minimnya dukungan dari teman sebaya dapat berkontribusi pada lemahnya kontrol diri. Temuan ini menegaskan bahwa interaksi sosial dalam kelompok sebaya berperan penting dalam membentuk kontrol diri individu. Oleh karena itu, membangun lingkungan pertemanan yang sehat dan suportif dapat menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas kontrol diri siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk merancang program pendidikan dan pendampingan yang lebih optimal bagi para remaja.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Saragih , A. P. F. ., Mangantes, M. L., & Kasenda, R. Y. (2025). PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TONDANO. PSIKOPEDIA, 6(1), 9-14. https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11421

Issue

Section

Journal