PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 40 BULUKUMBA

Authors

  • Andi A. O. Armadi Universitas Negeri Manado
  • Rinna Y. Kasenda Universitas Negeri Manado
  • Deklay Nainggolan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11422

Keywords:

Peran Guru BK, Kenakalan Remaja

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMP Negeri 40 Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling,. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif (deskriptif) dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi, Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah Guru bimbingan konseling sebagai sumber data ( informan primer), kemudian kepala sekolah dan peserta didik yang memiliki catatan kenakalan, sebagai informan  pendukung (informan sekunder). Tempat pengamnilan data Di SMPN 40 Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Bimbingan konseling sudah baik, gur memberi konseli kepada siswa, sudah banyak perubahan yang terjadi pada siswa yang dulu sering melakukan pelanggaran sedikit demi sedikit sudah berkurang bahkan  ada peserta didik yang sudah tidak pernah melakukan kenakalan lagi

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Armadi , A. A. O. ., Kasenda, R. Y., & Nainggolan, D. (2025). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 40 BULUKUMBA . PSIKOPEDIA, 6(1), 15-20. https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11422

Issue

Section

Journal