PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA

Authors

  • Fegledia Hurukao Universitas Negeri Manado
  • Meisie L. Mangantes Universitas Negeri Manado
  • Djailan Mansur Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11642

Keywords:

Peran Guru BK, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan suatu kesediaan untuk menepati atau mematuhi peraturan selama proses belajar sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Peran guru bimbingan dan konseling adalah seorang dengan rangkaian untuk membantu mengatasi hambatan dan kesulitan yang di hadapi siswa. Guru bimbingan konseling sebagai representasi pendidik yang memiliki rasional yang kuat untuk menyampaikan pendidikan karakter pada peserta didik. Guru bimbingan konseling juga berperan penting dalam membantu siswa dalam proses pengambilan keputusan. Mereka memberikan bimbingan dan dukungan yang memungkinkan siswa untuk membuat keputusan yang berinformasi dan bertanggung jawab, baik dalam konteks akademik maupun pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaamana peran guru bimbingan konseling dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Haltim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengambilan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas X SMAN 4 Haltim dengan sangat baik dan efektif. Kemudian strategi yang dilakukan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 4 Haltim.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Hurukao, F. ., Mangantes, M. L., & Mansur, D. (2025). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA . PSIKOPEDIA, 6(1), 51-56. https://doi.org/10.53682/pj.v6i1.11642

Issue

Section

Journal