HUBUNGAN ANTARA PROBLEM-FOCUS COPING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI UNIMA

Authors

  • Ryan T. Rahardjo Universitas Negeri Manado
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Sinta E. J. Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.11896

Keywords:

Mahasiswa, Problem Focus Coping, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Problem-Focus Coping dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Angkatan 2022 Program Studi Psikologi UNIMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 127 mahasiswa yang dipilih berdasarkan rumus Isaac & Michael. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan pengujian asumsi statistik dengan bantuan SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara Problem-Focus Coping dan prokrastinasi akademik (r = -0.552, p < 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan coping yang berfokus pada pemecahan masalah, maka semakin rendah kecenderungan mahasiswa untuk melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan intervensi psikologis untuk mengurangi prokrastinasi di kalangan mahasiswa

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Rahardjo, R. T., Katuuk, D. A. ., & Kaunang, S. E. J. (2025). HUBUNGAN ANTARA PROBLEM-FOCUS COPING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI UNIMA. PSIKOPEDIA, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.11896

Issue

Section

Journal