HUBUNGAN ANTARA PROBLEM-FOCUS COPING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI UNIMA
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.11896Keywords:
Mahasiswa, Problem Focus Coping, Prokrastinasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Problem-Focus Coping dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Angkatan 2022 Program Studi Psikologi UNIMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 127 mahasiswa yang dipilih berdasarkan rumus Isaac & Michael. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan pengujian asumsi statistik dengan bantuan SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara Problem-Focus Coping dan prokrastinasi akademik (r = -0.552, p < 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan coping yang berfokus pada pemecahan masalah, maka semakin rendah kecenderungan mahasiswa untuk melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan intervensi psikologis untuk mengurangi prokrastinasi di kalangan mahasiswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ryan T. Rahardjo, Deitje A. Katuuk, Sinta E. J. Kaunang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.