HUBUNGAN ANTARA BIG FIVE PERSONALITY DENGAN TAHAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASA DEPAN PADA GENERASI SANDWICH DI KELURAHAN TINOOR SATU
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.11938Keywords:
Big Five Personality, Pengambilan Keputusan, Generasi SandwichAbstract
Generasi sandwich merupakan generasi yang terhimpit pada beban ganda dalam kehidupan sehingga perlu adanya pengambilan keputusan yang sesuai dalam menghadapi keadaan tersebut yang dapat dipengaruhi oleh kepribadian seseorang di dalamnya Big Five Personality. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara dimensi – dimensi big five personality dengan tahap – tahap pengambilan keputusan masa depan pada generasi sandwich di Kelurahan Tinoor Satu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 139 subjek generasi sandwich dengan rentang usia 21-30 tahun. Metode analisis data menggunakan metode analisis uji korelasi Product Moment dan analisis jalur dengan melakukan pengujian normalitas dan linearitas terlebih dahulu.Berdasarkan hasil analisis, dimensi opennes, extraversion, agreebleness dan conscientiousness kepribadian big five memiliki hubungan dengan tahap pengambilan keputusan dengan nilai sig (<0.05), sedangkan dimensi neuroticism memiliki nilai sig >0.05. Untuk tingkat hubungan dengan korelasi tertinggi pada tahap pengambilan keputusan adalah openness dengan nilai pearson correlation 0.370 melewati 4 tahap pengambilan keputusan dan korelasi terendah adalah neuroticism.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Milira E. Porung, Deetje J. Solang, Mike A. K. Lovihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.