PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP WORK-LIFE BALANCE GURU SD DI PULAU LEMBEH UTARA

Authors

  • Cindy C. N. Tumei Universitas Negeri Manado
  • Jofie H. Mandang Universitas Negeri Manado
  • Gloridei L. Kapahang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.12018

Keywords:

Dukungan sosial keluarga, Work-life balance, guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap work-life balance. Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah dasar di pulau Lembeh Utara, Kota Bitung. Dengan sampel sebanyak 87 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dukungan sosial keluarga dan work-life balance dengan skala 4 poin untuk menjawab pertanyaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi linear sederhana. Mengacu kepada analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai R Squere sebesar 0,260 yang artinya pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap work-life balance pada guru SD di Pulau Lembeh Utara sebesar 26,0% dan berada pada kategori lemah sedangkan sisanya 74,0% dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. Hasilnya, dari 87 responden yang dijadikan sampel menunjukkan bahwa dukungan sosial keluarga berpengaruh positif terhadap work-life balance.

 

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Tumei, C. C. N., Mandang, J. H. ., & Kapahang, G. L. (2025). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP WORK-LIFE BALANCE GURU SD DI PULAU LEMBEH UTARA. PSIKOPEDIA, 6(2), 179-184. https://doi.org/10.53682/pj.v6i2.12018

Issue

Section

Journal