PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI KELAS XII SMA NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v4i1.6995Keywords:
Self Regulated Learning, Siswa SMA, GenderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self regulated learning pada siswa laki-laki dan perempuan kelas XII SMA Negeri 2 Tondano. Self-regulated learning adalah keadaan atau proses konstruktif aktif dengan melibatkan metakognitif, secara motivasional dan perilaku dalam belajar, berusaha untuk memonitor, meregulasi dan mengotrol kognisi, motivasi dan perilaku agar sesuai dengan tujuannya dan kondisi kontekstual dari lingkungannya. Metode penelitian menggunakan desain penelitian komparatif. Pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan data populasi maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 39 perempuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan analisis uji Independent Sample T-test dari hasil equal variances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.173 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang bermakna tidak ada perbedaan self-regulated learning siswa kelas XII berdasarkan gender laki-laki dan perempuan.