PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TOMOHON

Authors

  • Syeren V. Tambuwun Universitas Negeri Manado
  • Jofie H. Mandang Universitas Negeri Manado
  • Theophany D. Kumaat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v4i4.7577

Keywords:

Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh antara pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di SMA Negeri 1 Tomohon. Sampel penelitian terdiri dari 90 orang siswa. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 25,261 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa interaksi dengan teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Koefisien determinasi (R-Square) adalah sebesar 0,701, yang mengartikan bahwa 70,1% variasi dalam motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel interaksi dengan teman sebaya. Sisanya, sekitar 29,9%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Tambuwun , . S. V. ., Mandang, J. H. ., & Kumaat, T. D. . (2023). PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TOMOHON. PSIKOPEDIA, 4(3), 177-184. https://doi.org/10.53682/pj.v4i4.7577

Issue

Section

Journal