HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGIKUTI PROGRAM MBKM MANDIRI

Authors

  • Thalita R. Z. Rahasia Universitas Negeri Manado
  • Harol R. Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Marssel M. Sengkey Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9095

Keywords:

Stres Akademik, Subjective Well-Being, Mahasiswa

Abstract

Stres akademik yang dirasakan oleh mahasiswa akan menyebabkan mahasiswa lebih banyak merasakan afek negatif daripada afek positif, sehingga stress akademik akan mempengaruhi tingkat subjective well-being mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan subjective well- being, serta juga mengetahui gambaran tingkat stres akademik dan subjective well-being pada mahasiswa psikologi yang mengikuti program MBKM mandiri. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji parametik pearson. Hasil dari penelitian ini sendiri menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0,454.

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Rahasia, T. R. Z. ., Lumapow, H. R. ., & Sengkey, M. M. (2024). HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGIKUTI PROGRAM MBKM MANDIRI. PSIKOPEDIA, 5(2), 57-66. https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9095

Issue

Section

Journal