HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGIKUTI PROGRAM MBKM MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9095Keywords:
Stres Akademik, Subjective Well-Being, MahasiswaAbstract
Stres akademik yang dirasakan oleh mahasiswa akan menyebabkan mahasiswa lebih banyak merasakan afek negatif daripada afek positif, sehingga stress akademik akan mempengaruhi tingkat subjective well-being mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan subjective well- being, serta juga mengetahui gambaran tingkat stres akademik dan subjective well-being pada mahasiswa psikologi yang mengikuti program MBKM mandiri. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji parametik pearson. Hasil dari penelitian ini sendiri menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan nilai pearson correlation -0,454.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thalita R. Z. Rahasia, Harol R. Lumapow, Marssel M. Sengkey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.