HUBUNGAN TRAIT BIG FIVE PERSONALITY DENGAN REGULASI EMOSI PADA GURU DI KECAMATAN TOMOHON TENGAH

Authors

  • Indri C. Thio Universitas Negeri Manado
  • Tellma M. Tiwa Universitas Negeri Manado
  • Meike E. Hartati Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9100

Keywords:

Big Five Personality, Regulasi Emosi, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara big five personality dengan regulasi emosi pada guru khususnya guru SMP di kecamatan Tomohon Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 85 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi pearson dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara big five personality dengan regulasi dan masuk ke dalam derajat korelasi lemah. Hubungan antara big five personality dengan regulasi emosi ditemukan pada dimensi agreeableness (sig = 0.032)  dan conscientiousness (sig= 0.002). Sedangkan dimensi openess, extraversion, serta neuroticsm tidak memiliki hubungan dengan regulasi emosi pada guru SMP di Kecamatan Tomohon Tengah.

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Thio, I. C. ., Tiwa, T. M., & Hartati, M. E. (2024). HUBUNGAN TRAIT BIG FIVE PERSONALITY DENGAN REGULASI EMOSI PADA GURU DI KECAMATAN TOMOHON TENGAH. PSIKOPEDIA, 5(2), 73-84. https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9100

Issue

Section

Journal