HUBUNGAN TRAIT BIG FIVE PERSONALITY DENGAN REGULASI EMOSI PADA GURU DI KECAMATAN TOMOHON TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9100Keywords:
Big Five Personality, Regulasi Emosi, GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara big five personality dengan regulasi emosi pada guru khususnya guru SMP di kecamatan Tomohon Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 85 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi pearson dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara big five personality dengan regulasi dan masuk ke dalam derajat korelasi lemah. Hubungan antara big five personality dengan regulasi emosi ditemukan pada dimensi agreeableness (sig = 0.032) dan conscientiousness (sig= 0.002). Sedangkan dimensi openess, extraversion, serta neuroticsm tidak memiliki hubungan dengan regulasi emosi pada guru SMP di Kecamatan Tomohon Tengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indri C. Thio, Tellma M. Tiwa, Meike E. Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.