HUBUNGAN PEER ATTACHMENT DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9101Keywords:
Peer attachment, Stres Akademik, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji tentang hubungan peer attachment (kelekatan teman sebaya) dengan stres akademik mahasiswa program studi Psikologi Universitas Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan disusun berdasarkan metode skala likert dengan menggunakan skala peer attachment menurut Armsden & Greenberg (1983) dan skala stres akademik menurut Sarafino dan Smith (2012). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 195 subjek remaja akhir dengan rentang usia 18-21 tahun. Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil penelitian : adanya hubungan negatif antara peer attachment dengan stres akademik dengan asumsi semakin tinggi peer attachment maka semakin rendah stres akademik. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai koefisien korelasi antara variabel (rxy) = -0,228 dan kriteria p = 0,000 < 0,05. Ini membuktikan bahwa hipotesis Ha peneliti dapat diterima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gracia I. D. Simanjorang, Mersty E. Rindengan, Steve B. Sengkey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.