EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING VYGOTSKY DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK SD INPRES KAKASKASEN TIGA, TOMOHON

Authors

  • Noveria T. Simanjuntak Universitas Negeri Manado
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Gloridei L. Kapahang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9165

Keywords:

Scaffolding Vygotsky, Perkembangan Kognitif, Anak SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Scaffolding Vygotsky pada pembelajaran dan mengkaji dampak penerapan scaffolding vygotsky terhadap perkembangan kognitif anak. Scaffolding vygotsky merupakan suatu konsep atau metode yang digunakan dalam perkembangan anak dengan bantuan orang berpengalaman atau temannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas II SD Inpres Kakaskasen Tiga. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu ceklist dan diary description. Analisis dilakukan dengan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Scaffolding Vygotsky pada anak SD dapat membantu perkembangan kognitif dan juga peningkatan minat belajar pada anak. Hal ini dibuktikan berdasarkan pembahasan hasil perkembangan subjek pada saat penerapan Scaffolding Vygotsky pada proses pembelajaran dimana ketiga subjek menunjukan perkembangan yang signifikan, dari tahap belum berkembang sampai ke tahap berkembang seperti yang direncanakan.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Simanjuntak, N. T., Katuuk, D. A., & Kapahang, G. L. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING VYGOTSKY DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK SD INPRES KAKASKASEN TIGA, TOMOHON. PSIKOPEDIA, 5(2), 119-132. https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9165

Issue

Section

Journal