EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING VYGOTSKY DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK SD INPRES KAKASKASEN TIGA, TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9165Keywords:
Scaffolding Vygotsky, Perkembangan Kognitif, Anak SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Scaffolding Vygotsky pada pembelajaran dan mengkaji dampak penerapan scaffolding vygotsky terhadap perkembangan kognitif anak. Scaffolding vygotsky merupakan suatu konsep atau metode yang digunakan dalam perkembangan anak dengan bantuan orang berpengalaman atau temannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas II SD Inpres Kakaskasen Tiga. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu ceklist dan diary description. Analisis dilakukan dengan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Scaffolding Vygotsky pada anak SD dapat membantu perkembangan kognitif dan juga peningkatan minat belajar pada anak. Hal ini dibuktikan berdasarkan pembahasan hasil perkembangan subjek pada saat penerapan Scaffolding Vygotsky pada proses pembelajaran dimana ketiga subjek menunjukan perkembangan yang signifikan, dari tahap belum berkembang sampai ke tahap berkembang seperti yang direncanakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Noveria T. Simanjuntak, Deitje A. Katuuk, Gloridei L. Kapahang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.