GAMBARAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA GURU HONOR SMK REGENERASI TATELI KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9546Keywords:
Gambaran Subjective Well Being, Guru HonorAbstract
Subjective well being merupakan penilaian kognitif serta afektif seorang tentang hidupnya. Evaluasi ini mencakup reaksi emosional terhadap berbagai peristiwa yang dialami. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan gambaran subjective well-being pada guru honor SMK Regenerasi Tateli Kabupaten Minahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan melibatkan tiga partisipan berstatus guru honor yang sudah bekerja selama kurang lebih 2 tahun keatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kognitif dan afektif pada ketiga guru honor ini, diketahui pendeskripsian gambaran mengenai subjective well being pada aspek kognitif yaitu informan-informan mampu mengelola kondisi yang mereka hadapi karena terdapat motivasi eksternal dan internal yang selalu mendorong mereka dan disisi lain, pada aspek afektif perubahan emosi sering dirasakan oleh informan baik dari segi relasi, kebutuhan ekonomi dan pekerjaan. Oleh karena itu penting memperhatikan kesejahteraan guru honor karena dari beberapa aspek yang diteliti pendapatan atau kondisi finansial ini sangat penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor ini saling berinteraksi dan memengaruhi kesejahteraan emosional dan motivasi informan dalam menjalani pekerjaannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aquilina Y. R. Wodong, Harol R. Lumapow, Melkian Naharia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.