PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP BURNOUT PADA GURU DI YAYASAN DON BOSCO MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9550Keywords:
Burnout, Guru, Perceived Organizational SupportAbstract
Penelitian ini merujuk pengaruh perceived organizational support terhadap burnout pada guru di Yayasan Don Bosco Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 68 yang mencakup guru pada tingkatan SD, SMP, dan SMA di Yayasan Don Bosco Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support terhadap burnout pada guru di Yayasan Don Bosco Manado. Hasil penelitian menunjukan variabel perceived organizational support (X) dan variabel burnout (Y) untuk nilai koefisien regersi sebesar - 0,487 dengan signifikansi 0,000 < dari probabilitas 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara perceived organizational support terhadap burnout pada guru, dan besar pengaruh pada penelitian ini dengan nilai r square sebesar 0,352. Nilai ini berati bahwa pengaruh perceived organizational support terhadap burnout adalah sebesar 35,2% dan sisanya 64.8% dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin tinggi perceived organizational support maka semakin rendah burnout pada guru di Yayasan Don Bosco Manado.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Noel Datubara, Harol R. Lumapow, Melkian Naharia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.