EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD KATOLIK KINILOW TOMOHON

Authors

  • Tirsa T. C. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Harol R. Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Marssel M. Sengkey Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9551

Keywords:

Media Audio-Visual, Perkembangan Kognitif, Siswa SD

Abstract

Media audio-visual merupakan media  yang mencakup dua unsur yaitu suara dan gambar yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan informasi dari bahan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan media audio-visual terhadap peningkatan kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Katolik Salib Suci Kinilow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain berupa nonrandomized pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang kelas eksperimen dan 10 orang kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif berbantuan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas eksperimen dapat membantu peningkatan kognitif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest siswa di kelas eksperimen dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata 44 (pretest) naik menjadi 76.5 (posttest) kemudian berdasarkan hasil analisis Independent Sample Test yang memperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual mendapatkan nilai rata-rata 76,50 hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah mendapatkan nilai rata-rata 66.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Tuerah, T. T. C., Lumapow, H. R. ., & Sengkey, M. M. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD KATOLIK KINILOW TOMOHON. PSIKOPEDIA, 5(3), 243-252. https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9551

Issue

Section

Journal