STRESS AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO YANG MENGIKUTI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TAHUN 2020

Authors

  • Frendelina N. Nesimnasi Universitas Negeri Manado
  • Tellma M. Tiwa Universitas Negeri Manado
  • Melkian Naharia Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9553

Keywords:

Stress akademik mahasiswa, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stress akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka tahun 2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat menyebabkan stress pada mahasiswa, tetapi stres tersebut cenderung bersifat positif dan dapat meningkatkan kreativitas serta memicu perkembangan diri individu. Kedua informan menunjukkan perubahan perilaku dan gejala fisik sebagai respons terhadap stres, seperti ketidak aturan pola tidur dan pola makan, serta kelelahan. Selain itu, terdapat perbedaan dalam respon emosional terhadap tekanan akademik antara individu, salah satu informan memiliki stabilitas emosional yang tinggi sementara yang lain cenderung tidak stabil. Meskipun mengakui tekanan belajar dan beban tugas yang meningkat, kedua informan percaya bahwa mengikuti program merdeka belajar kampus merdeka adalah keputusan yang tepat untuk pengembangan diri.

 

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Nesimnasi, F. N. ., Tiwa, T. M., & Naharia, M. (2024). STRESS AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO YANG MENGIKUTI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TAHUN 2020. PSIKOPEDIA, 5(3), 263-270. https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9553

Issue

Section

Journal