https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/issue/feed SCIENING : Science Learning Journal 2025-06-11T15:15:43+00:00 Ni Wayan Suriani niwayansuriani@unima.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>SCIENING </strong><em>(dibaca: saining)</em><strong> : Science Learning Journal </strong>[<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607605480" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2774-6895</a>] adalah jurnal ilmiah <em>open access</em> dengan menggunakan sistem <em>double blind peer review </em>yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran IPA. Jurnal ini terbit mulai tahun 2020 dengan frekuensi terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.</p> <p align="justify"><strong>SCIENING : </strong><strong>Science Learning Journal</strong> Terakreditasi Nasional Peringkat 4 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan SK Nomor 225/E/KPT/2022.</p> https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/2742 Kesiapan Guru IPA dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri Modoinding 2025-02-19T05:07:01+00:00 Frinisa Zaskia Kalalo frinisakalalo1@gmail.com Jovialine Albertine Rungkat jovialine_rungkat@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru IPA dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri Modoinding. Subjek penelitian adalah semua guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh, dimana 75% guru berada di kategori sangat siap dengan skor antara 2,60 - 3,25 dan 25% guru berada di kategori siap dengan skor antara 3,26 – 4,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Frinisa Zaskia Kalalo, Jovialine Albertine Rungkat https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/4114 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano 2025-02-19T09:14:55+00:00 Ni Ketut Weni 18508025@unima.ac.id Meike Paat meikepaat@unima.ac.id Widya Anjelia Tumewu widyaanjeliatumewu@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Pembelajaran IPA harus memperhatikan bahan ajar dan media belajar. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dapat mempermudah peserta didik untuk belajar secara mandiri dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. </span></div> <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis <em>problem based learning</em> dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasi <em>problem based learning</em> pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development (R&amp;D) </em>dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember-april 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan angket. Berdasarkan data hasil penelitian yaitu: (1) menghasilkan produk pembelajaran berupa E-LKPD berbasis <em>problem based learning </em>dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano, (2) E-LKPD layak digunakan dengan perolehan presentase keseluruhan aspek ahli materi 95% dan ahli media sebesar 90% dikualifikasikan “Sangat Layak” dan oleh respon peserta didik sebagai pengguna sebesar 91% serta respon guru sebagai pengguna sebesar 87%, sehingga kelayakan E-LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Ketut Weni, Meike Paat, Widya Anjelia Tumewu https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/3084 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran IPA di SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia 2025-02-19T05:37:02+00:00 Gledys Novia Bari gledysnovia@yahoo.co.id Metilistina Sasinggala metilistinasasinggala@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Penggunaan media belajar yang kurang inovatif membuat timbulnya kejenuhan pada peserta didik dalam pembelajaran, oleh karena materi tidak dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg &amp; Gall dengan 7 langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) studi eksplorasi, 3) pengembangan bentuk awal, 4) instrumen pengumpulan dan analisis data, 5) validasi, 6) revisi berdasarkan hasil validasi, 7) desiminasi produk. Multimedia interaktif ini dikemas dengan menggunakan <em>microsoft powerpoint.</em> Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil multimedia ini selanjutnya divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran dan dilakukan uji lapangan kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor 70 dengan persentase 87,5% pada kriteria sangat baik dan hasil validasi dari ahli media pembelajaran menunjukan skor 71 dengan persentase 88,8% pada kriteria sangat baik. Hasil tersebut menandakan multimedia yang dikembangkan ini valid dan layak untuk diujicobakan di lapangan dan peneliti melakukan uji lapangan dengan melibatkan 7 peserta didik di SMP Katolik Gonzaga Tomohon. Setiap peserta didik mencapai kriteria baik dan sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SMP.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Gledys Novia Bari, Metilistina Sasinggala https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/10326 Pengaruh Problem Based Instruction Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano 2025-02-19T11:30:14+00:00 Edwin Atie edwinpunya2017@gmail.com Fransiska Harahap fransiskaharahap@unima.ac.id Ni Wayan Suriani niwayansuriani@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>problem based instruction</em> berbasis <em>contextual teaching and learning</em> terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian semu, menggunakan <em>pretest posttest control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 28 orang dan kelas VIIB 28 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB 14 orang sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan metode <em>simple random sampling</em>. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan <em>pretest</em> sebelum diberikan perlakuan dan <em>posttest</em> sesudah perlakuan. Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata-rata hasil <em>posttest</em> kelas eksperimen 78,66 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil <em>posttest</em> 70,3. Setelah diuji statistik dengan uji-t, hasil belajar yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu t<sub>hitung</sub> = 4,10 &gt; t<sub>tabel</sub> = 1,70. Dengan demikian H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima, pada taraf nyata α = 0,05. Dimana rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>problem based intruction</em> berbasis <em>contextual teaching and learning</em> lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Edwin Atie, Fransiska Harahap, Ni Wayan Suriani https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/4113 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano 2025-02-19T09:34:07+00:00 Dewa Ayu Made Karya Astiti 18508006@unima.ac.id Jovialine Albertine Rungkat jovialinerungkat@unima.ac.id Ester Caroline Wowor esterwowor@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar berbasis <em>e-book</em> dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis <em>e-book</em> dalam pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan di SMP negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan <em>Research And Development (R&amp;D)</em> dengan model pengembangan Borg And Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember-april 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Penelitian ini berhasil menghasilkan produk media pembelajaran bahan ajar berbasis <em>e-book</em> dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP negeri 3 tondano, <em>E-book</em>dinyatakan layak digunakan dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek oleh ahli materi 91,5% , ahli media sebesar 91,42% dan respon siswa sebagai pengguna sebesar 93,2% serta respon guru sebagai pengguna sebesar 88%, sehingga kelayakan bahan ajar berbasis <em>e-book </em>yang di kembangkan termasuk dalam kategori “ sangat baik”.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dewa Ayu Made Karya Astiti, Jovialine Albertine Rungkat, Ester Caroline Wowor https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/2868 Mengidentifikasi Keberadaan Makhluk Hidup Menurut Kondisi Ekologinya di Hutan Unima dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Inquiri 2025-02-19T05:35:14+00:00 Frisca Frederika Constantia Manumpil friscamanumpil@gmail.com Anneke Tienneke Rondonuwu annekerondonuwu@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa tentang identifikasi keberadaan mahkluk hidup dengan menggunakan pendekatan <em>inquiry</em>, serta meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap identifikasi mahkluk hidup menurut kondisi ekologinya. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, dimana suatu penelitian yang bermaksud mengadakan penjajakan atau pengenalan terhadap gejala tertentu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan <em>inquiry</em>. Objek penelitian ini dilakukan di lahan hutan Unima sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 Jurusan Pendidikan IPA. Untuk pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes, serta dokumentasi lalu data diolah secara deskriptif kualitatif dan persentase kuantatif. Berdasarkan hasil penelitian dari kedua kelompok sebagai subjek penelitian terhadap proses pembelajaran konsep sains dari mengidentifikasi keberadaan mahkluk hidup, dimana persentase tingkat ketuntasan kelompok 1 yaitu 83% dikategorikan sangat baik dan untuk kelompok 2 yaitu 79% dikategorikan baik. Dari kedua data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran eksploratif sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dengan menggunakan pendekatan <em>inquiry</em> dan alam terbuka sebagai media belajar dapat merangsang subjek (mahasiswa) untuk berimajinasi hingga berpikir kritis dan lebih suka belajar, memberikan pengalaman yang menyeluruh dan nyata serta dapat mempelajari berbagai macam konsep dan cara mengaitkannya dengan masalah-masalah kehidupan nyata.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Frisca Frederika Constantia Manumpil, Anneke Tienneke Rondonuwu https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/2881 Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Teknik Provokasi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Model Pembelajaran Inkuiri 2025-02-19T08:56:59+00:00 Mahla Kindang Sangiang Damal mahladamal860@gmail.com Fransiska Harahap fransiskaharahap@unima.ac.id <p style="font-weight: 400;">Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi materi pencemaran lingkungan model pembelajaran inkuiri. Ditemui bahwa siswa kurang diberikan kesempatan untuk menggali pengetahuan dan mengaitkan konsep yang dipelajari. Kemampuan berpikir kreatif rendah tergambar dari sikap peserta didik yang cenderung pasif selama proses pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam menjawab soal yang bersumber dari ceramah dan bentuk tanya jawab. Hal ini berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa yang kurang memuaskan serta masih kurangnya siswa untuk berpikir kreatif. Responden penelitian adalah siswa SMP kelas VII dengan pengambilan sampel secara <em>purposive sampling</em> sebanyak 2 kelas, masing-masing kelas VII C berjumlah 10 siwa dan kelas VII D berjumlah 10 siswa, sehingga jumlah responden dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pre-eksperimental dengan desain <em>one group pre-test post-test design</em>. Pengumpulan data melalui penilaian validasi pakar, lembar penilaian berpikir kreatif dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif (persentase dan n-gain). Hasil penelitian:1) Instrumen penelitian teknik provokasi pada pembelajaran Pencemaran Lingkungan sangat valid dan reliabel, 2) kemampuan <em>fluency</em> meningkat 44,77% (klasikal) dengan&lt;g&gt; =0,11 (rendah), 3) kemampuan <em>flexibility</em> meningkat 233,33% (klasikal) dengan&lt;g&gt; =0,14 (rendah), 4) kemampuan <em>originality</em> meningkat 42,05% (klasikal), dengan dengan&lt;g&gt; =0,33 (sedang), 5) Pola peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa: <em>originality &gt; flexibility &gt; fluency</em>. Kesimpulan penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan teknik provokasi materi pencemaran lingkungan model pembelajaran Inkuiri mengalami peningkatan, dengan peningkatan terbesar pada aspek <em>originality</em>.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mahla Kindang Sangiang Damal, Fransiska Harahap https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/3881 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia 2025-02-19T08:15:50+00:00 Indriyani Lumingkewas inchleylumingkewas@gmail.com Meike Paat meikepaat@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik <em>random sampling</em> dan terpilih 2 kelas dengan jumlah masing-masing 8 siswa. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari <em>pretest</em> dan <em>posstest</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh t<sub>hitung</sub> = 2,44 dan t<sub>tabel</sub> = 1,91, dimana H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima, sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Indriyani Lumingkewas, Meike Paat https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/4125 Pengaruh Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano 2025-02-19T09:27:41+00:00 Fujita Mamonto fujitamamonto1@gmail.com Ni Wayan Suriani niwayansuriani@unima.ac.id Anneke Tienneke Rondonuwu annekerondonuwu@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran</span></div> <p>, s</p> <div><span lang="EN-US">elain mencapai tujuan pembelajaran, guru memiliki tugas untuk mencetak manusia-manusia yang cerdas dan berkarakter. Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih mengingat tantangan yang ada saat ini sangatlah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Environmental Learning</em> terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Tondano. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian <em>Post-test Only Control Group Design</em>dengan sampel penelitian kelas VII A berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B berjumlah 14 orang sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen = 71,43 sedangkan kelompok kontrol = 61,88. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Environmental Learning</em> berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan SMP Negeri 6 Tondano.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fujita S. Mamonto, Ni Wayan Suriani, Anneke Tienneke Rondonuwu https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/11291 Strategi Adaptasi Pembelajaran Sains SMP Negeri 2 Tondano dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka 2025-02-20T07:09:19+00:00 Aufa Maulida Fitrianingrum aufafitrianingrum@unima.ac.id Ferlitha Frisilia Mottoh lithamottoh@gmail.com Efraim Jonathan Lolowang efraimlolowang48@gmail.com <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan strategi adaptasi dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Tondano khususnya dalam pembelajaran sains. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pengambilan data, tahap analisis data, dan tahap penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung serta wawancara dengan guru-guru sebagai sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Tondano telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2024/2025 dengan berbagai strategi adaptasi, khususnya dalam pembelajaran sains. Strategi tersebut mencakup transisi bertahap, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan PMM, mengintegrasi teknologi dalam pembelajaran sains, penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berdiferensiasi, penanaman nilai Profil Pelajar Pancasila, serta penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Meskipun terdapat tantangan, respons positif dari siswa dan guru menunjukkan potensi kurikulum ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dukungan lebih luas dari berbagai pihak diperlukan untuk mengoptimalkan penerapan sistem yang lebih fleksibel, inklusif, dan inovatif.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Aufa Maulida Fitrianingrum, Ferlitha Frisilia Mottoh, Efraim Jonathan Lolowang https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/12163 Pengaruh Penggunaan Laboratorium IPA terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1 Materi Gerak Osilasi 2025-06-11T15:15:43+00:00 Meidy Atina Kuron meidykuron@unima.ac.id Nindy Sepang nindysepang@gmail.com Wilce Anna Cahya Kuendo wilcekuendo@unima.ac.id Yohanes Bery Mokalu yohanesmokalu@unima.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan <span lang="EN-US">rata-rata </span>hasil belajar <span lang="EN-US">mahasiswa </span>antara kelompok yang diajar <span lang="EN-US">menggunakan laboratorium IPA </span>dan <span lang="EN-US">rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajar tidak menggunakan laboratorium IPA pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi</span>. <span lang="EN-US">Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain </span>eksperimen dengan subjek penelitian <span lang="EN-US">mahasiswa semester Ganjil Tahun Akademik 2024-2025 yang mengontrak mata kuliah fisika dasar 1. Adapun mahasiswa dibagi dalam 2 kelompok masing-masing 6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok A </span>dan <span lang="EN-US">6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok B dengan jumlah keseluruhan 12 orang. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian Unima pada bulan Juli sampai November tahun 2024. Data dikumpulkan melalui observasi awal dan tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis dengan pendekatan statistik <em>Independent Sample T-test</em>. Hasil belajar mahasiswa terdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama atau homogen. Berdasarkan penelitian, ditemukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara mahasiswa yang diajar menggunakan laboratorium IPA dan yang tidak menggunakannya pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi.</span></p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Meidy Atina Kuron, Nindy Sepang, Wilce Anna Cahya Kuendo, Yohanes Bery Mokalu https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/10431 Analisis Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah: Persepsi dan Preferensi Siswa SMA 2025-02-19T08:19:34+00:00 Kurniahtunnisa Kurniahtunnisa kurniahtunnisa@unima.ac.id Tika Putri Agustina tika_agustina@unima.ac.id Maria Yasinta Manuel mariamanuel741@gmail.com Musma Rukmana musmarukmana@unima.ac.id Kurnia Lestari kurnialestari.2022@student.uny.ac.id <div><span lang="SV">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan preferensi siswa SMA terhadap penggunaan <em>Artificial Intelligence</em> (AI) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kalangan siswa SMA RUSHD. Metode yang digunakan melibatkan survei terhadap 72 siswa, dengan fokus pada pengalaman penggunaan, preferensi, dan persepsi mereka terhadap AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95,8% siswa telah menggunakan AI dalam konteks pembelajaran, dengan dominasi penggunaan <em>Chat GPT</em> sebagai alat utama. Sebanyak 91% siswa melaporkan menggunakan AI setidaknya sekali dalam seminggu, terutama untuk memahami konsep yang sulit dan mencari jawaban untuk soal IPA. Temuan menunjukkan bahwa siswa memiliki pandangan yang positif terhadap AI, tercermin dari efektivitas penggunaan AI yang mencapai 71,1%. Dari sisi dampak, dampak penggunaan AI mencapai 80,2%, yang menunjukkan bahwa siswa merasa AI memberikan pengaruh sangat positif dalam pengalaman belajar mereka. Sebanyak 87,5% siswa setuju bahwa AI mempercepat proses belajar, dan 84,7% merasa AI memotivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan menulis. Namun, terdapat kekhawatiran terkait ketergantungan pada AI yang dapat mengurangi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, beberapa siswa menyadari bahwa tidak semua informasi yang ada di AI dapat diandalkan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AI memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi perlu diimbangi dengan upaya terencana untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Meskipun siswa menunjukkan penerimaan yang tinggi terhadap AI, penting bagi pendidik untuk memberikan bimbingan yang tepat dalam penggunaannya di kelas dan meningkatkan kualitas informasi yang disajikan oleh teknologi ini. Integrasi AI secara bijaksana dalam pendidikan dapat memperkaya pembelajaran dan mendorong siswa berpikir kritis.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kurniahtunnisa, Tika Putri Agustina, Maria Yasinta Manuel, Musma Rukmana, Kurnia Lestari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/11261 Pengaruh Pembelajaran Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Menyimpulkan Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan 2025-02-19T11:28:33+00:00 Jakub Saddam Akbar jakubakbar@unima.ac.id Djakariah Djakariah djakariah@gmail.com Stefan Marco Rumengan stefanrumengan@unima.ac.id Freetje Waworuntu freetjewaworuntu@unima.ac.id Varisky Abraham Dumanaw variskydumanaw@unima.ac.id Desire Atna Sridanty Rumondor desirerumondor@unima.ac.id Ayu Febrianti Akbar ayuakbar@gmail.com Dian Herlinda Octorina Howan dianhowan@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan menyimpulkan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan instrumen berupa tes untuk mengukur keterampilan menyimpulkan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti praktikum dengan metode inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyimpulkan yang lebih tinggi, dengan persentase nilai sebesar 81,9%, dibandingkan dengan siswa yang mengikuti metode praktikum verifikasi yang memperoleh nilai sebesar 73,6%. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jakub Saddam Akbar, Djakariah, Stefan Marco Rumengan, Freetje Waworuntu, Varisky Abraham Dumanaw, Desire Atna Sridanty Rumondor, Ayu Febrianti Akbar, Dian Herlinda Octorina Howan https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/11260 Implementasi Pembelajaran Eksplorasi dalam Mengkaji Konteks-Konsep Fisika dari Fakta Fenomena di Danau Tondano untuk Pembelajaran Fisika 2025-02-19T11:26:16+00:00 Jeane V. Tumangkeng jeanetumangkeng@unima.ac.id Thresje Mandang thresjemandang@unima.ac.id Ferdy Dungus ferdydungus@unima.ac.id <div><span lang="EN-US">Pembelajaran eksplorasi merupakan pembelajaran yang memberikan peserta didik kesempatan mengkonstruksi atau membangun pengetahuannya sendiri lewat aktivitas eksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran eksplorasi dalam mengkaji konteks-konsep fisika dari fakta dan fenomena di Danau Tondano dalam proses belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian <em>one group pretest-posttest design</em>. Penelitian dilakukan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Manado dan pembelajaran eksploratif dilaksanakan di pesisir danau Tondano. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Manado Tahun Akademik 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 80,01%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran eksploratif tentang konteks-konsep di pesisir danau Tondano efektif diterapkan dalam proses belajar fisika, (2) proses eksplorasi konteks-konsep fisika di pesisir danau Tondano membuat subjek penelitian mampu menghubungkan pengalaman di luar kelas dengan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran formal di kelas.</span></div> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jeane V. Tumangkeng, Thresje Mandang, Ferdy Dungus