https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/issue/feedSCIENING : Science Learning Journal2025-10-16T08:20:05-08:00Ni Wayan Surianiniwayansuriani@unima.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify"><strong>SCIENING </strong><em>(dibaca: saining)</em><strong> : Science Learning Journal </strong>[<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607605480" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2774-6895</a>] adalah jurnal ilmiah <em>open access</em> dengan menggunakan sistem <em>double blind peer review </em>yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPA FMIPAK Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran IPA. Jurnal ini terbit mulai tahun 2020 dengan frekuensi terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember.</p> <p align="justify"><strong>SCIENING : </strong><strong>Science Learning Journal </strong>Terakreditasi Nasional Peringkat 4 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan SK Nomor 225/E/KPT/2022.</p>https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/sciening/article/view/12715Pengembangan LKPD Berkonteks Socio-Scientific Issue Terintegrasi Argumentasi Ilmiah Pada Materi Laju Reaksi2025-10-16T08:20:05-08:00Nur Aininraini.1906@gmail.comFauzana Gazalifauzana_gazali@fmipa.unp.ac.id<div><span lang="EN-US">Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan kemampuan esensial dalam pembelajaran sains abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berkonteks <em>Socio-Scientific Issue</em> (SSI) yang terintegrasi argumentasi ilmiah pada materi Laju Reaksi untuk Fase F SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode <em>Educational Design Research</em> (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh tiga orang dosen kimia dan dua orang guru kimia, serta diuji kepraktisannya terhadap respon peserta didik dan guru melalui <em>small group evaluation</em>. Hasil uji validitas menggunakan Aiken's V menunjukkan nilai rata-rata 0,888 (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas memperoleh skor 81% (kategori praktis) dari respon peserta didik dan 89% (kategori sangat praktis) dari respon guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berkonteks SSI yang dikembangkan ini dinyatakan valid dan praktis, sehingga dapat dilanjutkan untuk uji coba efektivitasnya dalam pembelajaran.</span></div>2025-06-30T00:00:00-08:00Copyright (c) 2025 SCIENING : Science Learning Journal