ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) ANGKUTAN UMUM PADA BUS

TEAYEK BITUNG-TONDANO

Authors

  • Vebrianti Mandak
  • Tendly S. Maki
  • Toar Pangkey

Keywords:

BOK angkutan umum, Bus, Trayek

Abstract

Transportasi darat di kota bitung, terutama melalui layanan ojek, mikrolet, dan bus kota, menjadi aspek dalam vital dalam mobilitas masyarakat setempat. Bus kota, baik di kelola oleh swasta maupun pemerintah, menonjol sebagai pilihan utama untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tranportasi sehari-hari. Namun dominasi ini juga menyoroti pentingnya peran regulasi pemerintah dalam menjaga kelencaran sistem transportasi. Penelitian ini di fokuskan oada terminal Tangkoko di kota Bitung, dengan mempertimbangkan kendaraan yang beroprasi dalam trayek Bitung-Tondano. Dua jenis data di gunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan skunder. Data primer di peroleh melalui observasi langsung di lapangan sedangkan data skunder di peroleh dari perusahaan atau instansi terkait. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara dan survei langsung di lapangan. Hasil analisis menunjukan bahwa tarif yang di tetapkan oleh oprator atau supir trayek Bitung-Tondano sebesar 20.000, berdasarkan analisis menggunakan metode DLLAJ, Dapat dianggap layak bagi pengguna trasportasi umum. Penelitian ini memberikan konstribusi penting dalam memahami dinamika transportasi dalam kebijakan yang di perlukan untuk meningkatkan pelayanan  transportasi darat di kota Bitung.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Vebrianti Mandak, Tendly S. Maki, & Toar Pangkey. (2024). ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) ANGKUTAN UMUM PADA BUS: TEAYEK BITUNG-TONDANO. Sustainable Construction (SUSCON), 2(2), 437-446. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/suscon/article/view/11024

Issue

Section

Articles