Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Berbasis Media Information and Communication Technology ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA N 1 Tondano
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), media ICT, hasil belajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Media Infromation and Communication Technology< em> ICT merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran daring sedangkan model pembelajran Problem Based Learning< em> PBL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang metuntut siswa untuk lebih mandiri dan dapat berfikir kritis Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning PBL < em>berbasis media Infromation and Communication Technology ICT < em>pada materi ekosistem dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA N 1 Tondano Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen < em> eksperimen semu rancangan penelitian pre test post test control group < em>Pengambilan sampel dengan teknik pengambilan random dan kelas X IPA 5 menjadi kelas kontrol sedangkan kelas X IPA 7 menjadi kelas eksperimen dengan masing masing kelas berjumlah 25 siswa Nilai rata rata hasil belajar postest yang diperoleh siswa di kelas X IPA 7 eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning PBL < em>berbasis media Infromation and Communication Technology ICT < em>sebesar 85 16 sedangkan nilai rata rata hasil belajar postets kelas X IPA 5 kontrol yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional berbasis media ICT memperoleh nilai sebesar 77 24 Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji hipotesis bahwa penggunaan model Problem Based Learning< em> PBL berbasis Media Information And Communication Technology < em> ICT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem < p>
nbsp;< p>