ANALISIS PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Andre Karundeng Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1213

Keywords:

Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran jaringan dasar, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran jaringan dasar dan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran jaringan dasar di SMK Anugrah Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah : (1) Media pembelajaran yang digunakan yaitu LCD, laptop, dan komputer desktop dimaksudkan untuk memudahkan proses pembelajaran dari guru ke siswa. (2) Metode tanya jawab, diskusi dan demonstrasi digunakan sebagai metode pembelajaran yang berjalan, dengan metode ini menyebabkan siswa belum terlalu aktif dalam pembelajaran, hanya sekitar 50% siswa yang aktif, sedangkan 50% sisanya terpantau hanya sekedar meyimak materi yang disampaikan guru. (3) Strategi guru dalam menyampaikan materi kepada siswa yaitu hanya dengan menyampaikan poin-poin penting dalam materi disertai dengan gambar, ilustrasi atau video.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Karundeng, A., Wonggo, D., & Parinsi, M. T. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 151-163. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1213