MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA

Authors

  • Meyly Olivia Worang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Vivi Peggie Rantung Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2919

Keywords:

Media Pembelajaran, Multiplatform, MDLC

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembagan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mata kuliah Multimedia yang diharapkan dapat membantu dosn dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Multimedia Devolopment Life Cycle (MDLC). Dalam metode ini terdapat 6 (enam) tahapan yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Obtaining Content Material, (4) Assembely, (5), Testing, (6) Distribution. Pada thap testing ini atau tahap pengujian terdapat empat bentuk uji coba yaitu Developer Tests, Ahli Media, Ahli Materi, dan End-User Tests. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil yang baik, dan dari hasil tersebut penelitian mengambil kesimpulan bahwa aplikasi media pembelajaran multimedia

References

Ahmadi, K., Amri, S., & Elisah T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konfiks, 7(2), 44-52.

Arsyad, A (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.

Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang, (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Neo, T. K., & Neo, M. (2004). Classroom innovation: Engaging students in interactive multimedia learning. Campus-Wide Information Systems.

Nur Aida, L., Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.

Munir (2012). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusman (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers

Supriyadi (2017). Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran. Jurnal Komunikasi, Vol. 7 No. 2 (September 2017), h. 41

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Worang, M. O., Rantung, V. P., & Parinsi, M. T. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 581-590. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2919