Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar

Authors

  • Morten Rurut Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4562

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Penggunaan mobile phone ditengah masyarakat saat ini sudah bukan hal yang baru lagi. Mobile phone sendiri memiliki banyak kegunaan, seperti membuka social media, membuka game, dan lain-lain. Khususnya dalam kalangan siswa didik, mobile phone memiliki pengaruh penting, salah satu contohnya mobile phone dapat menjadi sebuah Media Pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa didik. Dengan adanya media pembelajaran di mobile phone sendiri bisa meningkatkan pembelajaran yang lebih inovatif sehingga bisa membantu dalam mengembangkan potensi anak – anak, oleh karena itu peranan seorang guru begitu penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile sehingga dapat membantu tenaga pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (Luther, 1994), yaitu Concept (pengkonsepan), Design (pendesainan), Material Collecting (pengumpulan materi), Assembly (pembuatan), Testing (pengujian) dan Distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terciptanya media pembelajaran sebagai bahan belajar untuk siswa didik dan membantu dalam proses pembelajaran siswa didik di sekolah, para siswa yang menggunakannya juga terdidik, sehingga membuat anak bisa belajar dengan baik. Media pembelajaran dapat dibuat dan dapat dikembangankan dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Dengan demikian aplikasi ini dapat digunakan disekolah dengan Tema (Penjumlahan, dan Pengurangan). Setelah siswa menggunakan aplikasi media pembelajaran ini, terlihat siswa – siswa sangat cepat dalam memahami materi saat proses pembelajaran. Dengan demikian aplikasi media pembelajaran ini bisa membantu orangtua dan guru dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi bahan belajar bagi siswa, terutama dalam pendidikan Sekolah Dasar.

References

Ariani, N. (2010). Geometri dan Pengukuran. Jakarta : Reka.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Efrain, R., Manggopa, H. K., & Liando, O. E. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 335-341.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Luther, A. C. (1994) Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Professional.

Pratiwi, (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 17-18.

Rahmatia, D., & Pitriana, P. (2007). Kamus Pelajar Matematika. Jakarta: Ganeca Exact.

Safaat H, & Nazaruddin (2013). Aplikasi Berbasis Android Berbagai Implementasi dan Pengemban Aplikasi Mobile. Bandung: Informatika Bandung.

Safaat H, & Nazaruddin (2015). Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Simanjuntak, I., Manurung & Matutina, D. C. (1992). Metode Mengajar Matematika1: Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Ombak, 43.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Gaung Persada Press Group

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 212-223. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4562