Pengembangan Model Kurikulum Digital Adaptasi untuk Daya Saing Global Mahasiswa di Era 4.0
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.11666Keywords:
Adaptif Digital, Kurikulum, TeknologiAbstract
Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan tinggi, termasuk dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang menuntut adanya kurikulum yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Kurikulum konvensional yang ada saat ini sering kali tidak dapat mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kurikulum digital adaptif yang dapat meningkatkan daya saing global mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Budidaya Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan desain Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk mengidentifikasi kebutuhan kurikulum yang relevan dan berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum digital adaptif yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar, dengan 85% mahasiswa melaporkan peningkatan keterlibatan dan peningkatan rata-rata nilai sebesar 20% dibandingkan dengan kurikulum konvensional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan, fleksibel, dan sesuai dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0.
References
Anderson, T. (2008). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.
Anwar, M., & Utami, M. (2020). Kurikulum Digital Adaptif di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Tinjauan Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 113-120.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. John Wiley & Sons.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (2001). Critical thinking, cognitive presence, and computer conferencing in distance education. American Journal of Distance Education, 15(1), 7-23.
Hidayat, M. A., & Siregar, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 220-228.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Mulyadi, H. (2021). Pengembangan Kurikulum Digital Adaptif untuk Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Pustaka Abadi.
Nurkholis, M. (2020). Model Kurikulum Digital Adaptif dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 45-56.
North, B., Green, P., & Smith, M. (2008). The Role of Technology in Education and its Implications for the Workforce. Springer Science & Business Media.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. Sage Publications.
Prasetyo, D., & Nugroho, B. (2021). Kurikulum Digital dan Tantangan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Pendidikan.
Ridwan, M. (2020). Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Tantangan dan Solusi di Era Digital. Pustaka Media.
Saputra, Y., & Andini, R. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Konteks Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 102-110.
Setiawan, I. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(4), 201-208.
_______., & Hidayat, M. (2020). Implementasi Kurikulum Digital di Perguruan Tinggi: Evaluasi dan Rekomendasi. Surabaya: Pustaka Karya.
Shuell, T. J. (1996). Teaching and Learning in a Complex World. Educational Psychologist, 31(4), 187-194.
Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory. Sage Publications.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, S., & Hartono, P. (2022). Model Kurikulum Digital Adaptif untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 115-124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.