Tinjauan Kritis Pembelajaran Kontekstual: Analisis terhadap Riset-Riset Pembelajaran IPA

Authors

  • Acep Musliman Universitas Indraprasta PGRI
  • Fitri Damayanti Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

pembelajaran efektif, pembelajaran IPA, pembelajaran kontekstual

Abstract

Dilakukan kajian literatur pada hasil riset pembelajaran IPA yang menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan mutu hasil belajar. Penelitan dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas pendekatan pembelajaran kontekstual yang dilakukan guru dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan dalam pembelajaran. Rendahnya capaian hasil pembelajaran IPA yang disebabkan peserta didik kurang berminat, kurang aktif dalam belajar, serta rendahnya minat dan motivasi peserta didik menjadi masalah yang paling umum dalam pembelajaran IPA. Sebanyak 70 artikel yang dikelompokan pada katagori jenis penelitian dan tingkat satuan pendidikan, dianalisis pada bagian latar belakang penelitian, penggunaan pembelajaran kontekstual dan hasil penelitian. Kajian ini menggunakan metode campuran kuantitatif kualitatif (explanatory sequential mixed methods) dengan mendeskripsikan hasil analisis data artikel penelitian. Hasil analisis berdasarkan kelompok penelitian PTK dan Eksperimen Semu, menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berhasil menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang ditunjukkan pada capaian hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan secara signifikankan.

References

Amreta, M. Y., & Utsman, A. F. (2021). Model pembelajaran kontekstual ipa melalui pendekatan outdoor learning di sdn sumurjalak 2 plumpang tuban. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 76–84.

Carolien, C., Rezkita, S., & Rahayu, A. (2023). Pengembangan media powerpoint berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 1–12.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014) Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches/ John W. Creswell. — 4th ed. California: SAGE Publications, Inc.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa berbasis kontekstual di manggarai untuk belajar siswa pada masa pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73.

Karunia, D. P., Krisdiana, I., & Setiyowati, I. (2023). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sdn 1 cengkok, ngronggot, kab. nganjuk. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3382–3393.

Magenda, B., & Tumbel, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas viii smp negeri 4 melonguane. SCIENING: Science Learning Journal, 1(2), 31-35.

Runa. (2020). Application of contextual learning (ctl) in improving student achievement in class vi science subjects at mis al-yaminy dompu 2019/2020 academic year. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 2(1), 131–136.

Saidi, A. S. (2022). Penerapan Pembelajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas XII IPA-4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 44–51.

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran kontekstual ipa melalui outdoor learning di sd alam ar-ridho semarang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 30-38.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan (13 ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: hasil pisa dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles