Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Anneke Tienneke Rondonuwu Universitas Negeri Manado
  • Kenny Setiawan Lahope Universitas Negeri Manado

Keywords:

fisika, hasil belajar, inkuiri terbimbing, model pembelajaran

Abstract

Siswa dapat mengalami kegagalan dalam hasil belajar jika model pembelajaran yang dipilih tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kota Manado tentang mata pelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain posttest. Penelitian ini melibatkan 60 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen, yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing, dan kelompok kontrol, yang menerima pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil analisis uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam prestasi siswa antara kedua kelompok tersebut, menunjukkan bahwa pencapaian siswa di kelompok eksperimen tidak sebanding dengan pencapaian siswa di kelompok kontrol. Hasilnya menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing secara signifikan lebih berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang fisika jika dibandingkan dengan pembelajaran berbasis masalah.

References

Darlis, N., & Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan model assure untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2363-2369.

Day, W. O. S. H., Fitriani, H., & Sulistyowati, R. W. (2023). Studi eksperimen: penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains siswa smp. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 35-41.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru (suatu studi meta-analysis desartasi pascasarjana unj). Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan (JKKP), 5(01), 9-19.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kps dan hasil belajar siswa smp kelas vii. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160.

Martatis, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 24-33.

Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2020). Improving teachers abilities in video based learning by using microsoft powerpoint aplication through workshop. Jurnal Basicedu, 4(4), 1423-1428.

Mulyanti, N. M. B., & Gading, I. K. (2023). Dampak penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109-119.

Ningsih, P. E., Siswoyo, S., & Astra, I. M. (2015, October). Pengaruh metode pogil (process oriented guided inquiry learning) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor kelas x sma. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL) (Vol. 4, pp. SNF2015-I).

Nurdini, S. D., Husniyah, R., Chusni, M. M., & Mulgana, R. (2022). Penggunaan physics education technology (phet) dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 136-146.

Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan phet simulations terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129-134.

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22-31.

Shandra, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 692 - 699

Sundari, F. S., & Indrayani, E. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 72-75.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles