Interpretasi Kemampuan Problem-Solving dan Analisis Kimia Siswa SMA di Sulawesi Utara Menggunakan Rasch Model

Authors

  • Kartyka Nababan Universitas Negeri Manado
  • Freetje Waworuntu Universitas Negeri Manado

Keywords:

keterampilan pemecahan masalah, analisis kimia, pembelajaran kimia abad-21, rasch model, keterampilan abad-21

Abstract

Keterampilan problem-solving dan analisis siswa merupakan dua komponen keterampilan Abad-21 yang harus dimiliki oleh siswa. Dalam konteks pembelajaran kimia, interpretasi kemampuan problem-solving membuat siswa menjadi lebih efektif dalam menganalisis data kimia, membuat prediksi yang akurat, dan menemukan solusi yang tepat menyelesaikan tes pada Pacu Kimia 2023. Dengan menggunakan mix-method kuantitatif representasi data menggunakan aplikasi Winstep dengan pemodelan Rasch dan analisis kualitatif deskriptif, diperoleh interpretasi kemampuan problem-solving dan analisis kimia siswa SMA di Sulawesi Utara. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa peserta tes dari SMA Manado Independent School memiliki tingkat keterampilan yang ekstem tinggi dibading siswa dari SMA lainnya. Studi ini menemukan bahwa, faktor fasilitas sekolah, adopsi kurikulum, inovasi model pembelajaran, media pembelajaran inovatif dan kreatif, faktor internal dan eksternal siswa, menjadi faktor penentu tingkat keterampilan problem-solving dan analisis kimia siswa SMA di Sulawesi Utara. Oleh karena itu, studi mendalam terhadap signifikansi faktor-faktor penentu temuan hasil studi perlu dilakukan untuk mengetahui landskap pendidikan yang lebih efektif.

References

Astuti, R. T. (2022). Inovasi pembelajaran kimia pasca pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 6-14.

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar, Y. (2021). Pengembangan e-modul kimia berbasis pjbl-stem untuk pembelajaran daring siswa sma pada materi larutan penyangga. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2), 84-91.

Bailey, R., Bergamin, P., Blignaut, H., Chahine, I. C., de Beer, J., Dhakulkar, A., Dudu, W. T., du Toit-Brits, C., Fleisher, S., Jagals, D., Kriek, J., Mahlaba, S. C., Mzuza, M. K., Nuhfer, E. B., Sebatana, M. J., Sebotsa, T., Watson, R., & Wirth, K. (2021). Self-Directed Learning: An imperative for education in a complex society. In NWU Self-Directed Learning Series (Vol. 6).

Djarwo, C. F., & Handasah, R. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran digital flipbook berbasis problem solving pada materi struktur atom di tingkat sekolah menengah atas. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 42-47.

Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). Analisis keterampilan pemecahan masalah siswa sma pada topik laju reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899-1909.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-53.

Muhab, S., Irwanto, I., Allanas, E., & Yodela, E. (2022). Improving students’ self-regulation using online self-regulated learning in chemistry. Journal of Sustainability Science and Management, 17(10), 1-12.

Nababan, K. (2024). Pembelajaran Kimia Abad 21 (K. Nababan, Ed.). Sukoharjo: CV Tahta Media Group.

Nababan, K., & Krisen, S. (2023). Participatory action research dalam pembelajaran kimia abad 21: pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran bercirikan pck. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 5(1), 1-6.

Nudin, I., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis butir soal penilaian tengah semester mengunakan model Rasch di SMK Negeri 5 Surabaya. JPTM, 12(2), 132-139.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Yuristia, N., & Musdi, E. (2020). Analysis of early mathematical problem-solving ability in mathematics learning for Junior High School student. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1554, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.

Zahro, S. F., & Ismono, I. (2021). Analisis kemampuan multirepresentasi siswa pada materi kesetimbangan kimia di masa pandemi covid-19. Chemistry Education Practice, 4(1), 30-39.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17)

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles