Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Dasar II Alat Electricity Demonsration Kit-B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Theresje Mandang Universitas Negeri Manado
  • Kenny S. Lahope Universitas Negeri Manado

Keywords:

electricity demonsration, inkuiri, praktikum, research and development

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan panduan praktikum Fisika Dasar II di laboratorium fisika karena belum tersedia panduan yang memadai untuk alat laboratorium baru, terutama electricity demonstration kit-B, sehingga mahasiswa kurang terampil dalam menggunakan alat tersebut saat bereksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan panduan praktikum untuk alat electricity demonstration kit-B dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D yang diadaptasi dari model Thiagarajan. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 7 orang untuk uji kelompok kecil dan 23 orang untuk uji kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memperoleh nilai di atas 70 dengan capaian proses berada dalam rentang 70-92%, sehingga produk ini dianggap layak/valid. Selain itu, 100% mahasiswa memberikan tanggapan bahwa panduan ini sangat bermanfaat (SB) dalam kegiatan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum fisika dasar untuk alat electricity demonstration kit-B yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing telah dihasilkan dengan kualifikasi sangat baik dan layak.

References

Ananda, R. M., Sitorus, M., & Silaban, R. (2021). Development of integrated natural science practicum guide integrated inquiry approach to improve student learning outcomes. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 330–336.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36.

Astro, R. B., Doa, H., & Meke, K. D. P. (2021). Pengembangan petunjuk praktikum gaya gesek di bidang miring berbasis video tracking untuk meningkatkan minat mahasiswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 335–342.

Bevins, S., & Price, G. (2016). Reconceptualising inquiry in science education. International Journal of Science Education, 38(1), 17–29.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research: an introduction, fifth edition. New York: Longman.

Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students’ science process skills on heat concept. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268.

Idamansyah, D., & Rohmadi, M., (2022). Pengembangan penuntun praktikum biokimia terintegrasi nilai islam. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 125–135.

Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan pemahaman konsep interpretasi fisika antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86–94.

Kang, J., & Keinonen, T. (2018). The effect of student-centered approaches on students’ interest and achievement in science: Relevant topic-based, open and guided inquiry-based, and discussionbased approaches. Research in Science Education, 48, 865–885.

Mandang, T. (2023). Evaluasi kemampuan mahasiswa mengembangkan materi buku ajar fisika sma melalui tugas berjenjang dalam mata kuliah kajian fisika sekolah-1. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 17-23.

Mandang, T., & Marianus, M. (2024). Pengembangan panduan praktikum elektronika dasar alat electricity demonstration kit-b berbasis model inkuiri terbimbing. JPSP, 4(1), 43-56.

Muktapa, M. I. (2021). Implikasi filsafat ilmu dan etika keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20-29.

Ozdemir, G., & Dikici, A. (2017). Relationships between scientific process skills and scientific creativity: Mediating role of nature of science knowledge. Journal of Education in Science Environment and Health, 3(1), 52-68.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61.

Rungkat, J. A., Jeujanan, A., Wola, B. R., & Warouw, Z. W. M. (2023). Development of stem-based science e-module on the human excretory system topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6548–6556.

Sheffield, R. S., & McIlvenny, L. (2014). Design and implementation of scientific inquiry using technology in a teacher education program. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 22(6), 46–60.

Sugiyono. (2015). Metodologi penelitian & pengembangan (research and development). Bandung: Alfabeta.

Syamsa, N. H. K., Permana, N. D., Adriani, M., Suliswati & Diniya. (2022). Pengembangan panduan praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing pada konsep gaya untuk sekolah dasar. Jurnal Kumparan Fisika, 5(3), 141-150.

Thiagarajan. (1974). Model pengembangan perangkat four-d. University of Minnesota.

Wangdi, D., Kanthang, P., & Precharattana, M. (2017). Development of a hands-on model embedded with guided inquiry laboratory to enhance students’ understanding of law of mechanical energy conservation. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 18(2), 1–26.

Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers’ in practicum activity at the laboratory. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(1), 50–61.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles