Penggunaan Aplikasi Tinkercad dalam Pembelajaran Elektronika Dasar 2: Persepsi dan Pemahaman Konseptual Mahasiswa

Authors

  • Ishak Pawarangan Universitas Negeri Manado
  • Alfrie Musa Rampengan Universitas Negeri Manado
  • Jeane V. Tumangkeng Universitas Negeri Manado
  • Silka Silka Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

elektronika dasar 2, tinkercad, persepsi mahasiswa, pemahaman konseptual, media pembelajaran

Abstract

Elektronika Dasar 2 adalah salah satu mata kuliah wajib jurusan Fisika, Universitas Negeri Manado dan umumnya juga dibeberapa perguruan tinggi lain. Penelitian ini menyelidiki penggunaan aplikasi Tinkercad dalam mata kuliah Elektronika Dasar 2 dan dampaknya terhadap persepsi serta pemahaman mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kajian deskriptif dengan dengan metode survei terhadap mahasiswa Jurusan Fisika, Universitas Negeri Manado yang mengambil mata kuliah Elektronika Dasar 2 sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis google form dan tanya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengalaman belajar menggunakan Tinkercad dan pemahaman mahasiswa terkait materi ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Tinkercad memiliki pengaruh positif terhadap persepsi, memberikan media pembelajaran yang lebih visual dan interaktif dan membantu mahasiswa memahami konsep-konsep elektronika secara lebih baik. Meskipun begitu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa, seperti masalah aksesibilitas dan kebutuhan akan panduan penggunaan aplikasi. Mahasiswa memberikan persepsi positif sekaligus telah dapat meningkatkan pemahaman konseptual terkait penggunaan aplikasi Tinkercad dalam pembelajaran Elektronika Dasar 2.

References

BL, A., Anori, S., Dewi, I. P., & Efrizon. (2024). Exploring the impact of tinkercad-assisted learning on student performance in industrial electronics subject. Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning (J-HyTEL), 2(2), 123-136.

Erdogan, R., Saglam, Z., Cetintav, G., & Karaoglan Yilmaz, F. G. (2023). Examination of the usability of Tinkercad application in educational robotics teaching by eye tracking technique. Smart Learning Environments, 10(1), 1-23.

Eryilmaz, S., & Deniz, G. (2021). Effect of Tinkercad on Students’ Computational Thinking Skills and Perceptions: A Case of Ankara Province. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 20(1), 25-38.

Fiqry, R. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi sensor smartphone untuk praktikum. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 103-108.

Golubev, L. P., Tkach, M. M., & Makatora, D. A. (2023). Using tinkercad to support online the laboratory work on the design of microprocessor systems at technical university. Information Technologies and Learning Tools, 93(1), 80-95.

Handayani, A. N., Nafista, S. S., Kusumawardana, A., Elmunsyah, H., Arai, K., & Asmara, R. A. (2024). Development of interactive virtual laboratory media with tinkercad platform on analog electronics material. In E3S Web of Conferences (Vol. 473, p. 04008). EDP Sciences.

Husin, N. A., Ramli, M., & Alwi, D. M. (2022). Tinkercad simulation software to optimize online teaching and learning in embedded internet of things. Journal of Counseling and Educational Technology, 5(2), 49-57.

Juanda, E. A., & Khairullah, F. (2021). Tinkercad application software to optimize teaching and learning process in electronics and microprocessors subject. In 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020) (pp. 124-128). Atlantis Press.

Khotimah, C., Kartikawati, S., & Hardiyanto, D. (2024). Pengaruh media pembelajaran website tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 9(1), 13-18.

Loneli C., Guntoro, & Lisnawita. (2022). Implementasi simulasi elektronika dan arduino virtual dengan circuit tinkercad. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 18-25.

Marzuki, M., Sudiarta, I. W., & Handayana, I. G. N. Y. (2021). Penguatan materi rangkaian listrik menggunakan tinkercad untuk siswa ponpes cendekia darul lutviyah murni nw aikmel. Prosiding PEPADU, 3, 66-73.

Ratnadewi, R., Muliady, M., Prijono, A., Susanthi, Y., Sunoto, T. D., Chandra, E., Setiawan, A., & Ananda, R. (2023). Pembelajaran rangkaian listrik dengan aplikasi tinkercad circuit pada akademisi di indonesia. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 819-829.

Wahyudi, N. T. N., Endramawan, P., & Hardiyanto, D. (2022). Trainer arduino uno sebagai media pembelajaran mata kuliah dasar pemrograman pendidikan teknik elektro universitas pgri madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 7(2), 26-32.

Wicaksono, P., & Handayani, L. (2024). Pengembangan modul praktikum listrik dinamis arus searah berbasis tinkercad. Unnes Physics Education Journal, 13(1), 45-52.

Widiarini, P., Pramadi, I. P. W. Y., & Mardana, I. B. P. (2021). Pengaruh Model pembelajaran berbasis proyek berbantu lab virtual terhadap kreativitas mahasiswa. Orbita, 7(1), 25-29.

Downloads

Published

2024-09-17

Issue

Section

Articles