Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Biologi di Kelas XI SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
Blended learning, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengaruh model pembelajaran Blended learning dan bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Biologi. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan hasil belajar siswa pada materi Biologi dengan model pembelajaran Blended Learning di SMA Negeri 1 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat langkah yaitu: 1) perencanaan (plan), 2) tindakan (act) 3).pengamatan (observe), 4) refleksi (reflect). Empat tahapan tersebut dilakukan dengan dua siklus penelitian.Berdasarkan penelitian dan pembahasan data yang dilakukan diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbeda. Bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table maka Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar, dan sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima, yang artinya terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan penerapan yang dilakukan pada kedua kelas eksperimen tersebut.Dalam hal ini berarti berlaku ketentuan bahwa, bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table maka Ho diterima, sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima. Dalam penelitian ini diketahui t hitung sebesar 2.061 dan Dengan dk= n1-n2-2= 30+30-2= 58, dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0.05 dengan begitu t tabel sebesar 1.990. dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaaan motivvasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning pada kelas XI A dan XI B di SMA 1 Tondano.