Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tompaso

Authors

  • Angelia Worotitjan Universitas Negeri Manado
  • Tommy Martho Palapa Universitas Negeri Manado
  • Alfonds A. Maramis Universitas Negeri Manado

Keywords:

Discovery learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang dipakai adalah Quasi Experimental Design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest kepada siswa. Pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatan menghitung frekuensi denyut nadi dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi frekuensi denyut nadi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning pada materi sistem peredaran darah yang  dapat dilihat  dari uji statistika diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 31,85 dan  posttest 83,71 serta nilai rata-rata pretest di kelas kontrol 23,14 dan posttest 78,07. Kesimpulan penelitian ini dapat memberikan pengaruh tercapainya akan apa yang diharapkan.

Downloads

Published

2024-06-30