Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Remboken

Authors

  • Lamderita Manalu Universitas Negeri Manado
  • Debby J.J. Rayer Universitas Negeri Manado
  • Jemmy M Sumakul Universitas Negeri Manado

Keywords:

: Kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan, sehingga tidak memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan di depan kelas, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model kooperatif tipe jigsaw juga belum dipergunakan secara maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen menggunakan desain group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel yang digunakan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,64 dan kelas kontrol 77,86. Kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Remboken.

Downloads

Published

2024-06-30