Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Mutasi di Kelas XII SMA Negeri 2 Langowan

Authors

  • Marjanoal J. Z. Mandey Universitas Negeri Manado
  • Debby J.J. Rayer Universitas Negeri Manado
  • Livana D. Rawung Universitas Negeri Manado

Keywords:

Student facilitator and explaining, mutasi, hasil belajar

Abstract

Penekanan pada pentingnya pendidikan di sekolah dan kesulitan siswa selama pandemi COVID-19 dalam mempertahankan kualitas pembelajaran, menyebabkan penurunan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran karena interaksi terbatas antara siswa dan guru serta metode pengajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan meningkatkan pemahaman konsep materi yaitu Model Student Fasilitator And Explaining (SFAE). Metode ini diaplikasikan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Langowan di kelas XII MIPA dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan essay pre-test dan post-test. Kelas eksperimen terdiri dari 25 siswa dan kelas kontrol juga terdiri dari 25 siswa. Jenis analisis statistik yang akan digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas kelas untuk memastikan bahwa data yang digunakan memenuhi persyaratan sebelum dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 47.20 sedangkan kelas kontrol 31.40. Nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 74 sedangkan kelas control sebesar 54.2. Model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 2 Langowan pada materi mutasi dibanding pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2024-03-23

Issue

Section

Articles