Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Teknik Reward Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tenga

Authors

  • Christo Vincentius Goni Universitas Negeri Manado
  • Orbanus Naharia Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado
  • Sukmarayu P. Gedoan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Teams games tournament, reward, hasil belajar

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang terlaksana kurang efektif yang menyebabkan motivasi belajar siswa kurang yang berakibat pada rendahnya hasil belajar SMA Negeri 1 Tenga. Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan. hasil. pembelajaran siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Tenga melalui model kooperatif TGT dengan mengunakan teknik reward. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Tenga yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siklus I sebanyak 11 siswa atau 36,67% dari 30 siswa; pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 80% dari 30 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) melalui teknik reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Tenga.

Downloads

Published

2024-12-01