Pengembangan Modul P5 Fermentasi Jeroan Ikan Pada Materi Bioteknologi Konvensional Berbasis Kearifan Lokal Untuk Implementasi Kurikulum Medeka di SMA

Authors

  • Monica Rosavira Luntungan Universitas Negeri Manado
  • Decky W. Kamagi Universitas Negeri Manado
  • Meity Tanor Universitas Negeri Manado
  • Wiesye M.S. Nangoy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Modul P5, bioteknologi konvensional

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) masih memerlukan penuntun yang terlibat dalam aktivitas belajar secara ko-kurikuler. Kurangnya pengembangan media berupa modul proyek di sekolah menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima pembelajaran dalam bentuk proyek. Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran biologi melalui modul P5 fermentasi jeroan ikan pada materi bioteknologi konvensional berbasis kearifan lokal untuk implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Katolik Don Bosco Bitung, serta mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan. Model yang digunakan yaitu model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, menggunakan instrumen tes yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validator ahli media memperoleh 91,65%, mencapai kriteria sangat valid, validator ahli materi memperoleh 90,93%, penilaian guru mata pelajaran biologi memperoleh 96,42%, dan penilaian respon peserta didik memperoleh rata-rata 91,27%. Modul P5 Fermentasi Jeroan Ikan pada Materi Bioteknologi Konvensional Berbasis Kearifan Lokal untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-02