Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 1 TondanoPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 1 Tondano
Keywords:
Project based learning, hasil belajar, ekosistemAbstract
Kurangnya ketertarikan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajan biologi pada materi ekosistem di SMAN 1 Tondano. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model project based learning pada hasil belajar siswa khususnya materi ekosistem di SMAN 1 Tondano. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu melalui desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui kegiatan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pada pretest 34.71 dan posttest 65.74 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen pretest 41.18 dan posttest 81.76. Model pembelajaran PjBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi kosistem kelas X SMAN 1 Tondano.