Analisis Masalah Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Tenga
Keywords:
Masalah belajar, pembelajaran biologiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa yang menyatakan pembelajan biologi adalah pembelajan yang sulit, sehingga siswa kurang konsentrasi dalam belajar yang mengakibatkan hasil belajar mereka tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan kuisioner. Populasi pada penelitan ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Tenga yang terdiri dari kelas VII, VIII dan kelas IX. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII dan IX SMP N 3 Tenga yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, melalui ke-6 indikator yang diukur didapati bahwa sebab-sebab rohani yang meliputi intelegensi, minat, motivasi dan kesehatan mental sebesar 60,81%. Kemudian diikuti faktor internal indikator sebab-sebab fisik dan faktor eksternal indikator lingkungan sosial yaitu 59,46%, faktor eksternal indikator keluarga yaitu 58,68%, indikator sekolah 57,81% dan faktor media massa 53,68%. Rata-rata keseluruhan indikator sebesar 58,31% dikategorikan cukup/sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII dan kelas IX SMP Negeri 3 Tenga memiliki masalah belajar paling tinggi dari faktor internal melalui indikator sebab-sebab rohani yang meliputi intelegensi, minat, motivasi dan kesehatan mental yaitu 60,81%.