Penerapan Bahan Ajar Media Komik Ilmiah Dengan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Langowan
Keywords:
Media komik ilmiah, role playing, PTK, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang ditemukan saat observasi pada guru biologi di SMA Negeri 2 Langowan, beberapa permasalahan yang dijumpai antara lain kurangnya minat peserta didik dalam membaca karena buku paket kurang menarik dan peserta didik kesulitan untuk memahami bacaan yang ada di dalam buku paket. Hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik dengan rata-rata di bawah KKM yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut perlu dikemas bahan ajar yang menarik, mudah dicerna, seperti komik berisi cerita yang divisualkan dalam rangkaian gambar-gambar yang menarik yang mampu menyampaikan informasi secara efektif lewat role playing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA melalui penerapan media komik ilmiah dengan model role playing di SMA Negeri 2 Langowan. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan langkah: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA tahun ajaran 2020/2021. Jumlah 22 orang peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrument tes berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I yaitu 36,36% dan pada siklus II menjadi 86,36% ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar media komik ilmiah dengan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Langowan.
Kata kunci : Media komik ilmiah, role playing, PTK, hasil belajar
ABSTRACT
This research is based on the problems found during observations of biology teachers at SMA Negeri 2 Langowan, some of the problems encountered include the lack of interest of students in reading because the textbooks are less attractive and students have difficulty understanding the readings in the textbooks. This has an impact on student learning outcomes with an average below the KKM, which is 70. Based on this, it is necessary to package interesting, easy-to-digest teaching materials, such as comics containing stories that are visualized in a series of attractive pictures that are able to convey information effectively. through role-playing. This study aims to improve student's learning outcomes in class X IPA 2 through the application of scientific comic media with a role-playing model at SMA Negeri 2 Langowan. The type of research is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in two cycles, with the following steps: planning, action, observation, and reflection. The subjects in this study were students of class X IPA 2 for the 2020/2021 academic year. A total of 22 students consisted of 14 males and 8 females. The data collection technique used a learning outcome test with a multiple-choice test instrument. This study indicates an increase in student learning outcomes classically in the first cycle, namely 36.36% and in the second cycle to 86.36% classical completeness. Based on the results of these studies, it can be concluded that the application of scientific comic media teaching materials with a role-playing model can improve students' learning outcomes in class X IPA 2 SMA Negeri 2 Langowan.
Keywords: Scientific comic media, role-playing, CAR, learning outcomes