Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Somatic auditory visual intellectual (SAVI), berpikir kritisAbstract
ABSTRAK
Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan berpikir yang harus dikembangkan dalam pengambilan keputusan tentang apa yang diyakini dan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian pre test post test control group design dengan sampel penelitian kelas X IPA 1 berjumlah 15 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 berjumlah 15 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan secara daring pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 bulan September 2020 di SMA Negeri 2 Tondano. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pre test pada kelas kontrol sebesar 35.5 dan pada kelas eksperimen sebesar 41.6, sedangkan rerata post test pada kelas kontrol sebesar 52.5 dan pada kelas eksperimen sebesar 77.9. Rerata post test pada kelas eksperimen lebih tinggi pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) dari pada rerata post test kelas kontrol.